Friday, November 8, 2019

Efek harga kopi, penegakan hukum, dan tingkat kemiskinan terhadap deforestasi di Sumatera


 
Bunga kopi. Foto : Marsya C. Sibarani

Salah satu tujuan dari pengukuhan kawasan konservasi adalah untuk mencegah deforestasi, tapi sayangnya, banyak kawasan konservasi di dunia yang telah kehilangan sebagian atau seluruh habitat alaminya akibat konversi menjadi lahan pertanian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seberapa efektif sebenarnya penetapan kawasan konservasi dalam mengurangi laju deforestasi. Salah satu komponen yang diduga berhubungan dengan laju deforestasi adalah tingkat kemiskinan masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Namun, hal ini belum diketahui secara pasti karena kompleksnya proses yang terlibat dalam deforestasi.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merupakan satu dari tiga taman nasional yang ditetapkan sebagai Tropical Rainforest Heritage of Sumatra UNESCO. Pada tahun 1977, harga kopi robusta internasional yang tinggi memicu migrasi massal ke daerah pegunungan di barat daya Sumatera dan menyebabkan deforestasi besar di bagian timur TNBBS yang melibatkan sekitar 100.000 imigran dari Pulau Jawa. Selama 34 tahun terakhir (sejak artikel penelitian ditulis), ekspansi perkebunan kopi oleh petani kecil merupakan faktor utama deforestasi di dalam dan sekitar TNBBS. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa peningkatan harga kopi internasional berhubungan dengan peningkatan laju deforestasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dan sebaliknya. Untuk menguji hal tersebut, Gaveau dkk. (2009) melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui: 1) apakah penegakan hukum berhasil dalam menjaga hutan tropis alami di TNBBS dan 2) apakah terdapat interaksi pengaruh penegakan hukum dan harga kopi terhadap laju deforestasi di TNBBS?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Gaveau dkk. (2009) menggunakan 21 citra satelit LANDSAT untuk mengestimasi hilangnya tutupan hutan di area studi dari tahun 1972 hingga 2006. “Hutan” didefinisikan sebagai area hutan usia tua dengan tutupan tajuk >50%. Harga kopi internasional didapatkan dari International Coffee Organization (ICO) dan harga kopi lokal diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Untuk menentukan tingkat penegakan hukum, Gaveaeu dkk. menggunakan data ekologi (perambahan aktif/tidak aktif), wawancara dengan petani dan staf TNBBS (upaya penegakan hukum oleh polisi hutan terhadap perambah), dan pemodelan GIS (geographic information system) (aksesibilitas ke dalam kawasan konservasi). Area studi dibagi menjadi dua zona: Zona I - penegakan hukum rendah dan Zona II - penegakan hukum tinggi. Analisis dilakukan dengan metode regresi linear dengan laju deforestasi sebagai variabel respon dan tingkat penegakan hukum serta harga kopi lokal dan internasional sebagai prediktor.

Hasil analisis Gaveau dkk. menunjukkan bahwa dari 1972 hingga 2006, seluruh area studi (TNBBS dan sekitarnya) kehilangan hutan sebanyak 52%, tapi tutupan hutan di dalam TNBBS saja “hanya” hilang sebanyak 21%. Mereka berkesimpulan bahwa penegakan hukum berhasil mengurangi laju deforestasi di TNBBS. Harga kopi lokal, bukan harga kopi internasional, merupakan faktor yang mendorong terjadinya deforestasi, tetapi deforestasi yang diakibatkan oleh ekspansi perkebunan kopi dapat dicegah oleh penegakan hukum yang aktif.


(Sumber: Gaveau dkk. 2009)

Pada awal 1980-an, penegakan hukum di TNBBS cukup kuat karena baru saja ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Laju deforestasi berkurang pesat di bagian selatan TNBBS dan juga terdapat bukaan lahan yang ditumbuhi pohon kembali. Namun, dampak positif pengukuhan kawasan berkurang sejak turunnya Presiden Suharto tahun 1998 dan implementasi otonomi daerah pada tahun 2000. Pemerintah lokal tidak menunjukkan minat pada konservasi keanekaragaman hayati karena taman nasional berada di bawah pemerintah pusat dan hanya memberikan sedikit keuntungan ekonomi secara lokal. Hal tersebut juga mengakibatkan rendahnya kerja sama antara pengelola TNBBS dan pemerintah lokal.

Di Sumatera bagian selatan, petani lebih memilih menanam kopi daripada bekerja di tempat lain karena upah buruh sangat rendah (sekitar Rp20.000 per hari di tahun 2006). Oleh karena itu, harga kopi lokal yang tinggi, dikombinasikan dengan upah buruh yang rendah, lebih memengaruhi laju ekspansi kebun kopi dan akibatnya, laju deforestasi hutan. Namun, hal ini perlu pengujian lebih lanjut karena saat penelitian dilakukan, belum tersedia data berkala upah buruh yang reliabel.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penegakan hukum penting dalam mengurangi laju deforestasi, tapi tidak cukup. Peningkatan harga komoditas dapat menyebabkan dampak buruk bagi hutan tropis dan keanekaragaman hayati. Intensifikasi perkebunan, sertifikasi kopi, pekerjaan di luar pertanian, dan tingkat edukasi yang lebih tinggi merupakan beberapa solusi untuk mengurangi deforestasi, tapi hal ini sulit dicapai karena melibatkan proses yang kompleks seperti investasi sosial yang tinggi di tingkat lokal dan nasional oleh pemerintah yang transparan dan berkomitmen. Namun, solusi tersebut tetap layak diupayakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani sebagai solusi deforestasi. Perhutanan masyarakat di dalam kawasan konservasi yang dikombinasikan dengan penegakan hukum mungkin merupakan solusi jangka panjang yang baik untuk mendukung masyarakat lokal dalam perencanaan intensifikasi perkebunan, program sertifikasi, pekerjaan di luar pertanian, dan pendidikan yang lebih tinggi.

Ringkasan oleh: Marsya C. Sibarani

Artikel asli:
Gaveau, D. L. A., M. Linkie, Suyadi, P. Levang, and N. Leader-Williams. 2009. Three decades of deforestation in southwest Sumatra: Effects of coffee prices, law enforcement and rural poverty. Biological Conservation 142:597-605.

You Might Also Like

5 comments:

  1. TESTIFIER: Nabilah Ashraff
    LOKASI: Semarang di Indonesia
    email: nabilahashraff@gmail.com
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp500.000.000
    BANK RAKYAT INDONESIA

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    Damai selalu bersamamu! Nama saya ny. Nabilah Ashraff dari Karel Sasuit Tubun di Semarang, Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak kreditor di sini adalah penipu dan mereka di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda.

    Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta, jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu dengan seorang teman online harum ahmadzulkifli harumahmadzulkifli@gmail.com dan endang nisrina endangnisrina@gmail.com yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman di akun BRI saya dalam waktu kurang dari 4 jam hanya 2% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Anda. Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  2. Hello everyone, my name is Indrias Priastuti a woman from indonesia, and i am working with a country multiply, and we have heard and also from loan company, i quickly want to use this media for all over indonesia to search for internet loan Very careful- Be careful not to fall in the hands of scammers and fraudstars, there are many fake credit creditors here on the internet and some in genuine and real endeavors,

    I wanted to throw in my testimonials about how ALLAH guided me to the real lenders and Real loan funds had turned my life from grass to Grace, after I was fooled by some credit creditors on the internet, I lost a lot of money for registration fees. . , Warranty, taxes, and after payment I still have not got my loan.

    After months on the internet and the amount of money spent without getting a loan from their company, then I became very desperate to get a loan from an online genuine credit creditor that would not increase my pain so I decided to contact my friend who just got Online loan, we formalize us on this issue and he told us the story of a woman named Mrs ELINA JOHNSON who is CEO of ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    So my husband and i raise  application for the loan amount (Rp 1,000,000,000) with a low interest rate of 2%, not taking care of my age, because I say what I want to build my business and my loan has been approved easily. No stress and all the preparations made by credit transfer and in less than a day after certificates that I have deposited to the bank and my dreams come in. So I want advice that requires a quick call now or email at elinajohnson22@gmail.com

    It did not end there the mother made sure her team of experts help you on how to invest so that you will never go broke in your life again.
    She is a very good woman and she did not know I did this I pray that ALLAH bless her for the good things she has done in my life. You can also contact me at indriaspriastuti2@gmail.com ..

    ReplyDelete
  3. Halo,
    kami memberikan segala jenis pinjaman seperti pinjaman siswa, pinjaman hutang, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi dan lainnya. Apakah Anda mencari pinjaman yang mudah dan cepat? ya ya Anda sekarang berada di tempat yang tepat di mana Anda dapat segera menerima permintaan pinjaman Anda.

    Catatan: Semua Pemohon Pinjaman Baru Mohon Menghubungi Via Email: zenithparkloanfunds@outlook.com

    Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete