Thursday, September 5, 2019

CONSERVATION CAMP 2020!

Tambora akan mengadakan Conservation Camp yang kedua loh!!

Apa sih Conservation Camp?

Upaya konservasi keanekaragaman hayati yang mumpuni sangat dibutuhkan di Indonesia akibat tingginya ancaman kepunahan. Sayangnya, krisis biodiversitas tidak diiringi dengan sumber daya manusia yang cukup untuk mengupayakan perlindungan biodiversitas.

Akses untuk memperoleh pelatihan yang berkaitan dengan kemampuan penelitian dan kemajuan terbaru dalam ilmu dan teknologi konservasi masih sulit didapatkan di Indonesia. Panduan tentang rencana dan strategi berkarir bagi kaum muda di bidang konservasi juga belum banyak.

Oleh karena itu, Tambora, berinisiatif mengadakan Conservation Camp dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas diri para peneliti dan praktisi muda Indonesia untuk pelestarian biodiversitas Indonesia.

Kapan dan di mana?

Conservation Camp 2020 (CC2020) akan diadakan tanggal 20-29 Januari 2020 di Taman Nasional Bali Barat.



Apa saja kegiatan Conservation Camp?


Conservation Camp dibagi menjadi 3 komponen utama:
  1. Mini-research: Pelatihan mengenai desain penelitian ekologi dan konservasi, survei lapangan, analisis data menggunakan bahasa pemrograman R, pemetaan menggunakan QGIS, teknik komunikasi sains, presentasi oral dan poster, penulisan ilmiah, dan penulisan proposal hibah.
  2. Career Development: Bertujuan untuk membantu peserta merencanakan jalur karir masa depan di bidang konservasi. Komponen ini meliputi pelatihan penulisan CV dan personal statement, tips dan trik mencari beasiswa dan kuliah lanjutan, dan sesi career coach dengan perwakilan profesi di bidang konservasi (NGO, pemerintah, akademis, dan bisnis).
  3. Thematic talks: Diskusi multidisiplin yang meliputi berbagai tema konservasi yang untuk memperkaya pengetahuan peserta. Beberapa topik yang akan dibahas: perencanaan konservasi di Indonesia, peran ekoturisme dan pendidikan konservasi, advokasi kebijakan konservasi, dan bisnis berkelanjutan untuk konservasi.

Siapa saja yang dapat mengikuti Conservation Camp?

Mahasiswa, lulusan baru (freshgraduates), dan pemula dalam karir konservasi dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Mahasiswa: Minimal semester 5 program S1 di bidang yang terkait konservasi (contoh: Biologi, Kehutanan, Kelautan, Pertanian, Kedokteran Hewan, dsb) dan telah/sedang mengambil mata kuliah ekologi dasar, survei ekologi lapangan, dan statistika.
  2. Lulusan baru: Lulusan dari program S1 terkait konservasi dengan jangka waktu maksimal kelulusan 2 tahun.
  3. Pemula dalam karir konservasi (peneliti, karyawan perusahaan atau lembaga nonprofit, ASN, dosen, dsb.): Maksimal 3 tahun pengalaman di bidang konservasi biodiversitas.
  4. Lainnya:
    • Calon peserta dengan latar belakang pendidikan selain yang disebutkan juga dapat mendaftar, tetapi diwajibkan telah memiliki pengalaman di bidang ekologi atau konservasi (contoh: volunteer atau internship di lembaga konservasi).
    • Mahasiswa atau lulusan baru S2 dan S3 dapat mendaftar, tetapi mahasiswa/lulusan baru S1 akan lebih diprioritaskan.

Kuota maksimal peserta 20 orang, jadi pendaftar akan diseleksi oleh panitia.


Bagaimana mekanisme pendaftarannya?

  1. Mengisi formulir pendaftaran di https://www.cognitoforms.com/TamboraMuda/FormulirPendaftaranConservationCamp2020 
  2. Panitia akan menyeleksi peserta (kuota 20 orang) berdasarkan kesesuaian dengan kriteria yang telah ditentukan dan kemampuan pendaftar menunjukkan relevansi mengikuti CC2020 dengan studi atau rencana karirnya. 
  3. Panitia akan menghubungi pendaftar yang terpilih sebagai peserta CC2020.
  4. Peserta yang terpilih membayar deposit sebesar Rp300.000 sebagai penjamin keikutsertaan peserta dalam CC2020. Jika peserta belum membayar pada tenggat yang ditentukan, peserta gagal mengamankan kuota dan panitia akan memilih peserta lain untuk menggantikan. Uang deposit akan dikembalikan kepada peserta di hari terakhir CC2020. Deposit tidak dapat dikembalikan jika peserta yang terpilih tidak hadir saat hari H atau tidak mengikuti rangkaian acara hingga akhir.

Tanggal-tanggal penting!

15 Oktober 2019      : Batas akhir pendaftaran
1 November 2019    : Pengumuman peserta terpilih
15 November 2019  : Batas akhir pembayaran deposit registrasi

Apakah ada biaya pendaftaran?

Tidak ada. Namun, peserta yang lolos seleksi diwajibkan membayar deposit sebesar Rp300.000. Hal ini dilakukan untuk menghindari peserta terpilih yang tiba-tiba tidak hadir saat hari-H.

Conservation Camp 2018 merupakan salah satu kegiatan Tambora Muda yang paling banyak diminati. Tahun 2018, kami mendapat sekitar 108 pendaftar, tetapi camp ini hanya bisa mengakomodasi maksimal 20 orang peserta untuk menjaga efektivitas dan kondusivitas kegiatan. Kami berusaha sebisa mungkin memfasilitasi teman-teman yang memang memiliki niat mengikuti acara ini. Akan sangat disayangkan jika ada yang sudah terpilih dan tidak hadir tanpa konfirmasi sehingga kuota tersebut hangus. Oleh karena itu, walupun tidak ada biaya registrasi, kami menerapkan deposit.

Apakah ada hibah untuk peserta?

Tahun ini, Conservation Camp didukung oleh Rufford Small Grants for Nature Conservation (yeay!). Sebagian besar dana ini akan digunakan untuk hal-hal vital pelaksanaan camp, yaitu biaya akomodasi, konsumsi, dan pendamping lapangan dari taman nasional sehingga peserta tidak perlu membayar biaya registrasi, tetapi hanya deposit.

Selain itu, kami juga mengalokasikan dana untuk mendukung kehadiran peserta dalam bentuk subsidi biaya penerbangan yang besarnya sekitar Rp1-2 juta, disesuaikan dengan jarak dari kota domisili peserta ke Bali.

Dana ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang berdomisili di luar Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Tambora juga akan menyediakan transportasi bagi peserta dari Bandar Udara Ngurah Rai ke TN Bali Barat pada tanggal 19 Januari 2020 (jam penjemputan disesuaikan kemudian).

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Karena Conservation Camp ini literally sebuah camp, peserta diharapkan membawa sleeping bag dan matras. Karena beberapa sesi membutuhkan laptop, peserta juga diharapkan membawa laptop pribadi. Info lebih lengkap akan diberitahukan setelah pengumuman peserta terpilih.

Apa yang diharapkan dari peserta setelah mengikuti CC2020?

Setelah camp berakhir, masih ada kegiatan seru yang bisa kamu ikuti loh, yaitu:

  1. Conservation Event: Peserta yang telah mengikuti CC2020 akan diberikan tugas untuk mengadakan acara (bisa berupa seminar, talk, pelatihan, atau kelompok diskusi) di kota/universitas asal yang bertujuan untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari CC2020.
  2. Mentoring: Peserta berkesempatan mengikuti kelompok online mentoring yang terdiri dari 4-5 peserta dan dipimpin oleh seorang pengurus Tambora Muda. Kelompok ini akan mengadakan pertemuan online minimal dua bulan sekali selama satu tahun setelah camp. Tujuan kelompok mentoring adalah untuk mendiskusikan topik yang dapat mendukung studi atau karir peserta dalam konservasi, misalnya manajemen waktu, kolaborasi multidisiplin, S2, tips publikasi di jurnal ilmiah, dan sebagainya.
  3. Assessment: Panitia akan mengevaluasi efektivitas pelatihan dan kelompok mentoring berdasarkan pengalaman peserta agar Conservation Camp selanjutnya bisa lebih baik lagi.


Masih belum yakin untuk daftar CC2020??
Mari simak keseruan CC2018 di tautan berikut bit.ly/conscampr

Sebelum daftar, yuk, kita follow akun Instagram Taman Nasional Bali Barat! instagram.com/bali_barat

Jika ada pertanyaan atau saran, silakan menghubungi kami melalui alamat email info@tamboramuda.org yaa!

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment