Sunday, September 16, 2018

Lokakarya Teknis Implementasi Biodiverskripsi Bersama Lima Universitas di Indonesia



Jakarta (02/07/2018) telah diadakan pertemuan inisiasi kerjasama antara Tambora Muda Indonesia dengan lima universitas di Indonesia berjudul “Lokakarya Teknis Implementasi Biodiverskripsi”. Pertemuan tersebut dilakukan guna mendiskusikan lebih detail teknis proyek Biodiverskripsi (The Biodiversity Thesis Database) yang digarap Tambora dengan dukungan penuh dari BIFA (Biodiversity Fund for Asia), serta menguraikan komitmen dan ekspektasi baik dari dan untuk universitas mitra dalam mempublikasikan data.

Berlangsung di RCCC UI, yang terletak di Gedung Rektorat UI Lantai 8,5, pertemuan ini dihadiri oleh lima universitas di Indonesia diantaranya Universitas Sumatra Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Papua, Universitas Indonesia, dan Institut Pertanian Bogor. Universitas yang tergabung merupakan universitas-universitas yang menjawab undangan Tambora Muda Indonesia untuk bekerja sama dalam Biodiverskripsi. Sebelum kegiatan ini dilangsungkan, Tambora Muda Indonesia menghubungi setidaknya sepuluh universitas dengan presentase jumlah penelitian tugas akhir bertopik keanekaragaman hayati tertinggi berdasarkan hasil pencarian judul skripsi/tesis/disertasi melalui internet. Selain itu, Tambora mengupayakan universitas-universitas dari luar Pulau Jawa untuk bergabung dan lebih banyak bertukar pikiran tentang praktik penelitian keanekaragaman hayati dan sistem kepustakaan dari setiap universitas.

Pada pertemuan tersebut dibicarakan tentang kesediaan universitas untuk terlibat dalam membagikan data tugas akhir mahasiswanya, khususnya dalam proyek ini. Tidak hanya itu, diskusi juga dilakukan untuk pemeliharaan data secara berlanjut dalam repositori masing-masing universitas bersangkutan. Semoga inisiasi kerjasama ini diharapkan akan mensukseskan proyek ini dan menjadi penutup jurang pengetahuan atas penelitian keanekaragaman hayati Indonesia serta bibit bagi terintegrasinya data publikasi penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati. 


You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment