Wednesday, July 4, 2018

Relawan Biodiverskripsi: Jawaban Pertanyaan

Hai kawan Tambora sekalian!

Mengingat waktu rekrut relawan Biodiverskripsi yang pendek, kami mengapresiasi inisiatif dan motivasi teman-teman pendaftar. Mungkin ada yang berminat tapi ragu karena kurang informasi, Tambora ingin memastikan bahwa apa yang tidak diatur dalam pemberitahuan Tambora artinya bebas! Mahasiswa semester berapa boleh ikut? Jurusan apa? Bebas.

Masih ragu? Kami memberikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul ke admin Tambora sebagai berikut.

Apakah jurusan X/Y/Z boleh ikut?
Boleh selama familiar dengan data keanekaragaman hayati, khususnya tentang kemunculan spesies, lokasi geografis, dan sebagainya. Semakin beragam jurusan malah justru makin bagus, siapa tahu ada pandangan yang lebih kaya untuk menunjang kesuksesan kegiatan ini ;)

Kapan kegiatannya? Apa akan ada lagi tahun depan?
Biodiverskripsi tahun ini akan berlangsung hingga Maret 2019. Relawan diharap sudah bisa bertugas dari Juli akhir hingga Desember 2018 paling lama. Juli akhir paling wajib karena pengarahan tentu diperlukan di awal masa tugas. Tahun depan ada lagi kah? Kami sih maunya ada lagi, tapi nggak janji. Doakan saja ya :D

Kerjanya bagaimana?
Kamu bisa berada di mana saja dalam Indonesia. Kami mengharapkan komitmen yang konsisten selama masa kerja dan kegiatan dan kesediaan untuk bepergian selama dibutuhkan.

Apa itu insentif berbasis luaran?
Seperti namanya, insentif berdasarkan hasil kerja. Kualitas transkripsi data, seberapa banyak data berhasil dikumpulkan dalam waktu tertentu, kualitas laporan dan komunikasi dengan tim, dan sebagainya.

Apakah akomodasi ditanggung?
Karena pekerjaan dilakukan dari mana saja, kami tidak menyediakan biaya akomodasi.

Karya ilmiahnya bisa apa saja?
Oiya, karena di tautan yang ada dalam artikel dalam web Tambora kelupaan menuliskan tentang karya ilmiah tersebut jadi kurang jelas juga ya. Karya ilmiah ini bisa apa pun mulai dari makalah tugas kuliah sampai skripsi, apa pun yang merupakan hasil karya tulis individu, jangan yang ditulis berkelompok. Sulit menilai gaya tulis kalian secara individu dalam karya tulis yang dikerjakan secara berkelompok. Jangan karya tulis yang hak peredarannya dibatasi (misal laporan kerja praktek, magang, atau kegiatan yang dilakukan di instansi non-kampus yang memang melarang distribusi tulisan kalian di luar kampus), namun jika sudah kadung atau adanya cuma ini, kami janji tidak akan menyebarluaskan naskah tulisan kalian tersebut.

Demikian dari Tambora, jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa disampaikan langsung ke diulas[at]tamboramuda.org dengan judul "Pertanyaan Relawan Biodiverskripsi" atau "Pertanyaan Biodiverskripsi"

Kami tunggu kontribusi dan partisipasi teman-teman!

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment