Friday, March 23, 2018

Kompilasi Sumber Belajar terkait Komunikasi Sains

Sumber: freepik.com


Mengutarakan hasil penelitian ilmiah memang terkadang sulit. Padahal penting bagi kita untuk menyebarkan informasi, baik terkait penelitian kita atau penemuan ilmiah lainnya, agar dapat dimengerti oleh khalayak umum dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengomunikasikan berita dan info terkait sains ada beberapa tips yang dapat diaplikasikan. Walaupun konten-konten ini diberikan untuk mengutarakan tips mengomunikasikan sains secara umum, tapi bisa juga kok diaplikasikan untuk menginformasikan kabar seputar konservasi.

Teman-teman dapat belajar secara gratis (yes gratis!) melalui sumber-sumber yang tersedia online berikut ini:




CLIPS merupakan website gagasan University of Queensland yang menyediakan berbagai macam tips untuk mengomunikasikan sains melalui berbagai sumber (misalnya gimana cara membuat poster ilmiah yang efektif, membuat infografis, menulis essay, dan sebagainya). Enaknya CLIPS ini memberikan tips dengan singkat, padat, dan jelas, jadi teman-teman enak bacanya.






Panduan yang disediakan oleh Massachusetts Institute of Technology ini sebenarnya merupakan uraian singkat silabus kelas Science Communication yang diajarkan kepada mahasiswa sarjana di MIT tahun 2011 silam. Terdapat beberapa bacaan, video, dan presentasi yang tersedia pada website tersebut agar teman-teman bisa ikut belajar layaknya mahasiswa MIT (walaupun ada beberapa artikel online yang sudah tidak tersedia sih..).





Kelas online yang tersedia di website FutureLearn ini diberikan oleh University of Leeds. Kelas ini memberikan tips-tips dan juga latihan gimana cara menulis topik sains untuk kalangan umum. Durasi kelasnya cuma dua minggu. Kelas ini gratis kok selama kelas berlangsung, tapi kalo teman-teman mau mengakses konten pasca kelas berakhir maka harus lanjut berbayar. Tapi kelas ini dibuka beberapa kali dalam setahun dan juga teman-teman dapat download segala konten dalam kelas ini jadi gapapa juga kalau tidak bersedia lanjut berbayar.





Kelas online ini disediakan oleh University of Queensland di salah satu website belajar online paling hits, edX. Kelas ini spesifik gimana mengkomunikasikan isu seputar perubahan iklim (ada video dari dosen, tugas, dan sebagainya). Kelas berlangsung selama 6 minggu tapi bersifat self-paced alias teman-teman bebas mengatur waktu sendiri untuk menyelesaikan kelas ini.



Jika teman-teman punya sumber info lain silahkan tambahkan di kolom komentar atau hubungi kami di info@tamboramuda.org ya!
Semoga bermanfaat! :)

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment