Saturday, November 4, 2017

CONSERVATION CAMP 2018

Hi, teman-teman!

Tambora akan mengadakan Conservation Camp yang perdana, loh.



Apa sih Conservation Camp? 

Upaya konservasi keanekaragaman hayati yang mumpuni sangat dibutuhkan di Indonesia karena keanekaragaman hayati Indonesia yang tinggi terancam kepunahan. Sayangnya, krisis biodiversitas tidak diiringi dengan sumber daya manusia yang cukup untuk mengupayakan perlindungan biodiversitas.

Akses untuk memperoleh pelatihan yang berkaitan dengan kemampuan penelitian dan kemajuan terbaru dalam ilmu dan teknologi konservasi masih sulit didapatkan di Indonesia. Panduan tentang rencana dan strategi berkarir bagi kaum muda di bidang konservasi juga belum banyak.

Oleh karena itu, Tambora, bekerja sama dengan Tangkasi, berinisiatif mengadakan Conservation Camp dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas diri para peneliti dan praktisi muda Indonesia untuk pelestarian biodiversitas Indonesia. 



Kapan dan di mana?

Conservation Camp akan diadakan tanggal 9-20 Januari 2018 di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah.

 


Apa saja kegiatan Conservation Camp?

Conservation Camp dibagi menjadi 3 komponen utama:

  1. Mini-research, meliputi pelatihan mengenai desain penelitian, survei lapangan biodiversitas,  analisis data menggunakan R, QGIS, komunikasi sains, presentasi oral dan poster, dan penulisan ilmiah dan proposal hibah.
  2. Career coach, yang bertujuan untuk membantu peserta merencanakan jalur karir masa depan di bidang konservasi. Komponen ini meliputi penulisan CV dan personal statement, tips dan trik mencari beasiswa dan kuliah lanjutan, dan sesi diskusi dengan berbagai profesi di konservasi (NGO, pemerintah, akademis, dan bisnis).
  3. Thematic talks, meliputi isu konservasi global dan nasional, mendirikan LSM konservasi, conservation and religionconservation and education, perdagangan satwa ilegal, dsb.


Siapa saja yang dapat mengikuti Conservation Camp?


Target utama program Conservation Camp adalah mahasiswa, lulusan baru (freshgraduate), dan pemula dalam karir konservasi dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Mahasiswa: Minimal semester 5 program S1 di bidang yang terkait konservasi (contoh: Biologi, Kehutanan, Kelautan, Pertanian, Kedokteran Hewan, dsb) dan telah/sedang mengambil mata kuliah ekologi dasar, survei ekologi lapangan, dan statistika.
  2. Lulusan baru: Lulusan dari program S1 terkait konservasi dengan jangka waktu maksimal kelulusan 2 tahun.
  3. Pemula dalam karir konservasi (e.g. peneliti, karyawan LSM, dosen, dsb.): Maksimal 3 tahun pengalaman di bidang konservasi biodiversitas.
  4. Lainnya:
  • Calon peserta dengan latar belakang pendidikan selain yang disebutkan juga dapat mendaftar, tetapi diwajibkan telah memiliki pengalaman di bidang ekologi atau konservasi (contoh: volunteer atau internship di lembaga konservasi).
  • Mahasiswa atau lulusan baru S2 dan S3 dapat mendaftar, tetapi mahasiswa/lulusan baru S1 akan lebih diprioritaskan. 

Kuota maksimal peserta 20 orang, jadi pendaftar akan diseleksi oleh panitia.


Bagaimana mekanisme pendaftarannya?

Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut: http://bit.ly/conscampform
Setelah panitia mengumumkan peserta yang terpilih, peserta diharapkan membayar biaya registrasi sebesar Rp 550.000 (rekening tujuan transfer diberitahukan kemudian). Jika belum membayar pada tanggal yang ditentukan, peserta gagal mengamankan kuota dan panitia akan memilih peserta lain untuk menggantikan.

(Biaya pendaftaran termasuk biaya konsumsi selama 12 hari, peminjaman tenda, dan transportasi dari Palu ke Lore Lindu dan sebaliknya. Peserta diharapkan mengatur transportasi sendiri ke Palu).


Tanggal-tanggal penting:

24 November      : Batas akhir pendaftaran
7 Desember         : Pengumuman peserta terpilih
15 Desember       : Batas akhir pembayaran biaya registrasi


Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Karena Conservation Camp ini literally sebuah camp, peserta diharapkan membawa sleeping bag dan matras. Karena beberapa topik membutuhkan laptop, peserta yang terpilih juga diharapkan membawa laptop pribadi. Info lebih lengkap akan diberitahukan setelah pengumuman peserta terpilih.


Apakah ada biaya pendaftaran?

Ya, Rp 550.000 (lihat bagian sebelumnya untuk mekanisme pembayaran).
Namun, saat ini Tambora juga melakukan crowdfunding. Jika dana yang diterima mencukupi, Tambora akan memberikan scholarship berupa subsidi biaya registrasi dan transportasi ke Palu.


Jika ada pertanyaan atau saran, silakan menghubungi kami melalui alamat email info@tamboramuda.org yaa!


Ingin membantu Conservation Camp melalui donasi? Klik di sini

Yuk kamu bisa cek tempat Conservation Campnya di video berikut:



You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment