Wednesday, August 9, 2017

Intip Keseruan Pelatihan R bersama Dr. Aaron

Suasana pelatihan kelas R bersama Dr. Aaron
(Dokumentasi oleh Sheherazade)

Makassar, 5 Agustus 2017. Tambora bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin telah selesai mengadakan Pelatihan Statistik R. Pelatihan ini diberikan oleh Dr. Aaron Gove, adjunct lecturer di Curtin University dan peneliti senior di Astron Environmental services. R sendiri adalah perangkat lunak statistik yang sekarang sudah banyak digunakan untuk analisis data hasil penelitian, termasuk di bidang ekologi dan konservasi.

Selama tiga hari, yaitu dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2017, lima belas peserta dari berbagai instansi mempelajari cara menggunakan perangkat lunak R untuk menganalisis dan memvisualisasikan data. Kali ini, pelatihan berfokus pada pengolahan data ekologi, kehutanan, pertanian, dan konservasi. Beberapa contoh materi yang diajarkan seperti mengekstrak data, pembuatan boxplot, uji anova, uji t, dan penggunaan paket ‘vegan’.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang baru pertama kali diadakan di kawasan Indonesia Timur. Peserta merupakan mahasiswa, peneliti dan praktisi muda. Selain itu, agar ilmu yang diperoleh selama pelatihan bisa disebarkan kepada mahasiswa-mahasiswa lainnya, beberapa dosen juga mengikuti pelatihan statistik R.

Untuk Tambora sendiri, pelatihan ini merupakan pelatihan pertama di kawasan Indonesia Timur. Memahami statistik dan mempunyai skill untuk mengoperasikan R sangat penting bagi para peneliti dan konservasionis muda. Statistik yang reliable sangat krusial untuk publikasi ilmiah. Lebih penting lagi, hasil penelitian harus dianalisis dengan tepat karena hasil inilah yang berikutnya akan digunakan dalam menentukan kebijakan dan mendesain program konservasi. Dengan latar belakang ini, selain di Makassar, Tambora juga akan mengadakan Pelatihan Statistik R di Jogjakarta pada tanggal 9-11 Agustus 2017.

Buat teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan di Makassar, yuk bergabung dengan kami di sesi Jogja. We'll see you there!

Oleh: Sheherazade

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment