Wednesday, April 5, 2017

Lima buku yang kudu dibaca oleh kamu, konservasionis muda!


Olah gambar oleh Tim Bengkel Tambora/Nuruliawati

Oleh Sheherazade

Saat sedang kerja di lapangan atau rapat gitu, pernah ga sih kalian disebut “masih anak ingusan”, “aah, belum tahu apa-apa”, atau merasakan atmosfer bahwa kalian diremehkan cuman karena kalian masih muda? 

Sebagian besar dari kalian pasti menjawab “Ah iya. Gue juga sama kok”  

Daripada merasa kecil hati, saran terbaik adalah menambah pengalaman kerja kita di bidang konservasi. Misalnya, bagi yang masih mahasiswa, kudu ikutan aktif di kelompok studi, kegiatan relawan di tempat konservasi eks situ, dan magang di lembaga konservasi non-pemerintah. Kalian bisa cek website Tambora loh untuk info-info terkait ini. Pengalaman adalah guru terbaik, guys!

Selain itu, ada cara lain yang bisa kamu lakukan di waktu senggang, yaitu membaca buku! Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku-buku mengenai konservasi, kita bisa menambah pengetahuan dan mempelajari pengalaman dari para konservasionis senior loh! Pastinya juga akan bermanfaat banget untuk kuliah, membuat proposal penelitian, memberikan landasan teori saat membuat program konservasi, dan lain sebagainya.

Karena buku-buku konservasi lumayan banyak, kamu bisa mulai dari beberapa buku dulu. Yuk simak, lima buku konservasi yang Tambora rekomendasikan:

1. Biologi Konservasi oleh Mochamad Indrawan, Richard B. Primack, dan Jatna Supriatna

Sumber: http://obor.or.id

Buku ini tepat banget bagi kamu yang baru mulai bergelut di bidang konservasi atau punya ketertarikan di bidang ini. Buku ini dalam Bahasa Indonesia juga loh!. Materi-materi di dalamnya sangat menarik dan komprehensif, mulai dari membahas konservasi sebagai bidang ilmu yang multi disiplin, sejarah konservasi, prinsip-prinsip konservasi, hingga berbagai program konservasi. Buku ini juga tepat bagi kamu yang sudah lumayan lama di konservasi karena bukunya membahas bagaimana konservasi dengan pembangunan berkelanjutan, serta kebijakan dan praktik konservasi di Indonesia. 

Biasanya kalau pameran buku, apalagi tentang konservasi, buku ini pasti selalu ada, dan juga bisa cek di toko buku terdekat. Bagi kamu yang sering pergi-pergi, bisa juga beli edisi elektroniknya di Google Book. 


2. Melestarikan Alam Indonesia oleh Jatna Supriatna

Sumber: Goodreads

Buku ini bagus banget untuk mengetahui bagaimana sih konservasi di Indonesia, program apa saja yang sudah dijalankan, dan penelitian-penelitian strategis yang diperlukan bagi konservasi biodiversitas. Selain itu, dengan membaca buku ini, kamu akan merasakan sensasi menjelajah hutan beneran, atau menyelam di laut Indonesia. Buku ini menjelaskan mengenai keanekaragaman hayati Indonesia, mulai dari hotspot biodiversitas sampai pusat segitiga terumbu karang dunia. 

Cara dapetinnya, sama seperti yang buku Biologi Konservasi ya, tapi versi elektroniknya belum ada.


_________________


Nah, untuk buku-buku berikutnya, ditulis dalam Bahasa Inggris sih, cuman berguna banget untuk kamu yang tertarik untuk bergelut lebih jauh di bidang konservasi. Buku-bukunya bisa cek di Amazon, atau nitip sama teman yang lagi kuliah di luar negeri hehe.. 

3. Principles of Conservation Biology oleh Groom et al.
Sumber: https://www.sinauer.com

Jadi buku ini hampir sama seperti Biologi Konservasi, cuman ini lebih detail dan banyak contoh-contoh dari negara lain. 

4. Conservation: Linking Ecology, Economics, and Culture oleh Monique Borgerhoff Mulder dan Peter Coppolillo
Sumber: http://press.princeton.edu

Konservasi adalah bidang ilmu yang multi disiplin. Buku ini membantu kita untuk memahami dinamika dan peran politik, ekonomi, kebijakan, budaya, dan masyarakat lokal, serta cara mengintegrasikannya untuk menyelesaikan masalah-masalah konservasi. Bukunya eye-opening banget.


5. Conflict in conservation: navigating towards solution oleh Redpath et al.
Sumber: https://amazon.com
Konservasi tidak terlepas dari masalah konflik. Sering kan dengar gajah sumatara yang memakan tanaman warga, atau ular piton yang memakan manusia. Kerugian terjadi di kedua belah pihak, dan menjadi salah satu topik utama di konservasi yang perlu diatasi. Nah, buku ini memberikan pendahulan mengenai konflik di konservasi. Bukunya dipenuhi oleh berbagai tulisan mengenai kasus-kasus konflik dan upaya mengatasinya. 

____
  
Gitu deh lima buku konservasi yang Tambora rekomendasikan. Selamat membaca!
(NY/17)

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment