Tuesday, April 4, 2017

Diskusi dan Konferensi Pers "SAWIT: PENYEBAB ATAU PENYELAMAT DEFORESTASI?"

Thamrin School of Climate Change and Sustainability
Diskusi dan Konferensi Pers
"SAWIT: PENYEBAB ATAU PENYELAMAT DEFORESTASI?"

Thamrin School of Climate Change and Sustainability (TS) kembali akan menyelenggarakan diskusi dan konferensi pers.  Kali ini mengenai ekspansi perkebunan kelapa sawit serta kaitannya dengan deforestasi dan dampak yang terkait. 

Sebagaimana yang diketahui publik Indonesia, pada penghujung Maret lalu beberapa akademisi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Yanto Santosa dari Institut Pertanian Bogor menyatakan bahwa penelitian yang mereka lakukan sesungguhnya membuktikan bahwa ekspansi perkebunan kelapa sawit sesungguhnya tidak menyebabkan deforestasi.  Sebaliknya, deforestasi malahan menjadi terhambat karena ekspansi kelapa sawit.

Kesimpulan itu bertentangan dengan apa yang banyak orang ketahui.  Berbagai pustaka ilmiah yang paling terkenal menyatakan bahwa ekspansi perkebunan kelapa sawit bertanggung jawab atas 54% deforestasi di Indonesia antara 1989-2013 (Vijay, et al., 2016), sementara penelitian sebelumnya menyatakan angka yang sedikit lebih tinggi, yaitu 56% (Koh dan Wilcove, 2008).  Metaanalisis yang dilakukan oleh Busch dan Ferretti-Gallon (2017) juga menemukan bahwa deforestasi di seluruh dunia memang paling terkait dengan harga komoditas pertanian, termasuk kelapa sawit. 

Untuk membedah perbedaan kesimpulan tersebut, TS mengundang rekan-rekan semua untuk mendiskusikannya bersama dengan narasumber Dr. Togu Manurung (TS Reader on Forestry Issues; Fakultas Kehutanan IPB) dan Prof. Dr. Herry Purnomo (Fakultas Kehutanan IPB; CIFOR).  Diskusi dan konferensi pers tersebut akan diselenggarakan pada

Hari/Tanggal: Kamis, 6 April 2017
Pukul: 10.30 - 12.30 WIB
Tempat: Kantor KPBB, Gedung Sarinah Lantai 12, Jalan M. H. Thamrin No. 11, Jakarta Pusat.


Kehadiran dan partisipasi rekan-rekan untuk meningkatkan pemahaman kita semua atas isu ini kami nantikan.  Konfirmasi kehadiran mohon disampaikan melalui pesan WA kepada Giorgio Budi Indrarto (+62-813-85770196); Jalal (+62-815-13803616) atau Ahmad Safrudin (+62-816-897959).     
Informasi tentang Thamrin School dapat dilihat disini ⇲

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment