Tuesday, October 11, 2016

Pak Sam dan Aksinya Mendongeng Keliling Kalimantan tentang Satwa Indonesia

Pak Sam di Depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur (Sumber Foto: Pak Sam 2016)

Teman-teman, kenalkan Pak Sam. Beliau adalah seorang pendidik independen yang merangkap sebagai aktivis sosial. Pria asal Indramayu ini merupakan mantan guru honorer di sebuah sekolah negeri.  Beliau membuat aksi nyata demi satwa Indonesia dengan mendongeng keliling tentang badak sambil bersepeda. Kegiatan mendongeng keliling dengan sepeda sebenarnya telah lama dilakukan oleh pendiri Rumah Baca Bumi Pertiwi ini, namun sebelumnya, kegiatan mendongeng keliling dilakukan terbatas hanya di wilayah Indramayu. Beliau mengunjungi daerah-daerah terpencil yang jauh dari ibukota Indramayu untuk menyebarkan pesan-pesan positif kepada anak-anak yang didatanginya.

Pak Sam mendongeng kepada siswa siswi SLB Prof.Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, Telanaipura, Jambi pada tanggal 22 April (Sumber Foto: Pak Samsudin 2016)

Beliau kemudian melanjutkan aksinya untuk mendongeng tentang badak ke berbagai kota dari Jakarta sampai Aceh. Aksi tersebut awalnya dilakukan sebagai peringatan hari bumi. Yang pada awalnya beliau berencana mengakhiri aksinya sampai Jambi ternyata mendapat banyak dukungan untuk dilanjutkan sampai Aceh. Dongengnya pun semakin bervariasi dengan ditemaninya karakter badak bersama karakter satwa Indonesia lainnya seperti Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, dan Orangutan Sumatra. Untuk menjalankan aksi dongengnya di kota-kota Sumatra, Pak Sam berkeliling kota, mengarungi sekolah demi sekolah dengan mengendarai sepedanya. Total perjalanan sepanjang 1.500 km pun ditempuhnya (Sumber: Mongabay Indonesia).

Pak Sam Selepas Mendongeng Kepada Anak-anak dari TK dan PAUD Anyelir, Samarinda pada tanggal 11 Oktober (Sumber Foto: Pak Samsudin 2016)

Kini Pak Sam ingin melanjutkan aksinya di tanah Kalimantan. Beliau sekarang telah berada di Samarinda, Kalimantan Timur dan berencana mengunjungi beberapa TK dan PAUD setempat untuk kembali menyebarkan semangat konservasi kepada anak-anak. Beliau berencana mengunjungi banyak kota di Pulau Kalimantan agar banyak anak yang dapat semakin mengenal satwa Indonesia, satwa kebanggaan kita yang harus kita lindungi.

Kalian pun bisa membantu Pak Sam.
Caranya dengan berdonasi melalui kitabisa.com di tautan berikut:
https://ktbs.in/xmjpf
Penjelasan lengkap cara berdonasi terdapat di tautan tersebut.

Ayo kita bantu Pak Sam agar lebih banyak anak-anak Indonesia dapat mengenal dan melindungi satwa-satwa kebanggaan kita semua!

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment