Wednesday, September 14, 2016

Sekolah Valuasi Gelombang III


Sekolah Valuasi

Tahukah anda? Nilai tidak selalu identik dengan harga. Sesuatu yang bernilai sering tidak selalu ada harga pasarnya. Sayangnya, dalam ekonomi pasar yang kita anut, keputusan ekonomi, keputusan bisnis, bahkan kebijakan sering hanya didasari oleh harga pasar. Misalnya, keputusan mengkonversi hutan menjadi pemukiman hanya memperhitungkan harga properti yang akan dibangun tanpa memperhitungkan nilai jasa hutan dalam melindungi masyarakat dari banjir, longsor atau penyedia sumber air. Ketika bencana terjadi, sesal kemudian tak berguna. Secara masif, pengabaian nilai non-pasar dalam berbagai keputusan ekonomi, bisnis, dan kebijakan menjadi biang keladi berbagai masalah besar dalam masyarakat kita.
Untungnya, teknik mengukur nilai-nilai non-pasar adalah ilmu yang sudah cukup berkembang dan mapan. Sekolah Valuasi adalah tempat untuk mengapresiasi, mempelajari, dan memasyarakatkan teknik valuasi. Dengan demikian keputusan kita dalam berbagai aspek ekonomi, bisnis, kebijakan bahkan keseharian bisa secara bijak memperhitungkan nilai, bukan hanya harga.

Tujuan Sekolah Valuasi

Sekolah Valuasi bertujuan untuk mengenalkan berbagai metode untuk mengestimasi nilai ekonomi dari sumber daya alam atau jasa ekosistem yang penting dan berperan dalam berbagai aspek kehidupan. Pendekatan pengajaran dilakukan dengan menggunakan studi kasus agar membantu peserta lebih memahami aspek relevansi dan aplikasi dalam berbagai masalah nyata di masyarakat.

Pengajar di Sekolah Valuasi

Sekolah Valuasi didukung oleh para ahli di bidang valuasi ekonomi yang mempunyai latar belakang pendidikan, pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun dalam riset internasional tentang valuasi ekonomi. Pengajar di Sekolah Valuasi juga adalah alumni dari pelatihan-pelatihan EEPSEA (Economy and Environment Program for Southeast Asia), lembaga yang sudah berkiprah dalam pengembangan kapasitas dalam bidang valuasi ekonomi di Asia Tenggara sejak tahun 1993. Daftar pengajar dapat dilihat di bagian bawah pengumuman ini.

Peserta Sekolah Valuasi

Sekolah valuasi terbuka untuk berbagai kalangan masyarakat, baik dari kalangan bisnis, pemerintahan, organisasi non-pemerintah, akademisi dan lain-lainnya.

Waktu dan Lokasi Sekolah Valuasi

Sekolah Valuasi Gelombang III akan diselenggarakan pada tanggal 29 September sd 2 Oktober 2016 bertempat di Training Room, CEDS-UNPAD, Jalan Cimandiri No 6-8 Bandung, INDONESIA. [Google Maps]

Biaya Sekolah Valuasi

Saat ini, keikutsertaan di Sekolah Valuasi tidak dipungut biaya. Peserta menanggung sendiri biaya akomodasi dan makan selama pelatihan.

Syarat keikutsertaan di Sekolah Valuasi

Calon peserta bisa mengisi form di sini: http://goo.gl/oEkSDd Karena tempat terbatas, penyelenggara akan memilih dari peserta yang mendaftar berdasarkan isian form tersebut.

Materi Sekolah Valuasi

  1. Gambaran umum teknik valuasi ekonomi
  2. Valuasi ekonomi dalam kerangka cost benefit analysis (CBA)
  3. Nilai ekonomi dari ekosistem global
  4. Perlindungan satwa langka: Kasus valuasi penyu di Asia Tenggara dengan teknik Contingent Valuation Method (CVM)
  5. Praktek pengolahan data teknik valuasi CVM
  6. Peningkatan kualitas udara di Jakarta: Estimasi Willingness to Pay dengan metode Choice Modeling
  7. Assessing damages from PCB contamination in New Bedford Harbor: Hedonic Property Value Model
  8. Nilai ekonomi pariwisata dari taman nasional: Pendekatan Travel Cost Method
  9. Dampak gangguan kesehatan dari polusi udara di Jakarta: Pendekatan Cost of Illness
  10. Fungsi ekonomi hutan dalam penyediaan air di Nusa Tenggara Timur: Pendekatan Fungsi Produksi
  11. Presentasi dan diskusi kelompok
Yuk daftaaaaar!!!

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment